Costco Wholesale

Only available on StudyMode
  • Pages : 12 (3069 words )
  • Download(s) : 190
  • Published : November 24, 2008
Open Document
Text Preview
I.COSTCO WHOLESALE CORPORATION

Jim Sinegal (cofounder dan CEO Costco Wholesale) sedang mengusahakan Costco menjadi 4 retailer terbesar di US dan 7 terbesar di dunia. Jim Sinegal berusia 70 tahun, suka berpakaian santai, pekerjaannya menuntutnya untuk berkeliling cabang Costco (8-10 cabang setiap harinya). Jim mentraining karyawannya agar memberikan ucapan selamat datang kepada pelanggan karena Jim ingin menjadi “first name basis” di benak pelanggannya. Jim Sinegal adalah orang sibuk karena dia berfungsi sebagai producer, director, dan pemberi kritik membangun untuk Costco. Jim bekerja dengan cepat, memberi masukan berharga tentang detail dan pricing; menanyakan dan mengkritik tentang sales volume, stock levels, merchandising displays; memberikan komentar tentang semua aspek yang ada di cabang yang tidak cocok dengan pendapatnya. Dari situ kita dapat melihat bahwa Jim sangat ahli dan berpengalaman dalam hal merchandising, keahliannya bisa disetarakan dengan Sam Walton.

Tahun 2006, total sales Cosco adalah $59 milyar dengan 496 toko yang tersebar di 37 negara. Kartu member-nya sudah dimiliki oleh 26 juta keluarga. Rata-rata sales pertokonya mencapai $128 juta per tahun (lebih banyak hampir 2 kali dari pesaingnya).

COMPANY BACKGROUND

Costco dibentuk oleh Jim Sinegal dan Jeff Brotman. Toko pertama dibuka di Seattle pada tahun 1983, bersamaan dengan Sam’s Club (toko yang dibentuk oleh Wal-Mart). Dalam setahun Costco berkembang menjadi 9 toko di 5 negara melayani 200.000 anggota. Tahun 1985 Costco go public. Costco adalah perusahaan pertama di US yang mencapai penjualan $1 billion kurang dari 6 tahun. Oktober 1993, Costco merger dengan Price Club dengan Jim Sinegal sebagai CEO nya.

COSTCO’S MISSION, BUSINESS MODEL, AND STRATEGY

Misi Costco : “To continually provide our members with quality goods and services at the lowest possible prices“. Business model Costco : menekankan pada angka penjualan dan pergerakan barang yang tinggi dengan menawarkan harga rendah. Manajemen Costco percaya bahwa dengan pergerakan barang yang tinggi disertai dengan biaya operasi rendah ( volume purchasing, distribusi yang efisien, hiasan toko yang minim, self service warehouse facilities)akan memberikan profit yang lebih banyak daripada traditional wholesalers, mass merchandisers, supermarkets, dan supercenters. Dengan angka penjualan dan pergerakan persediaan barang yang tinggi, Costco bisa mendapatkan cash untuk persediaan sebelum jatuh tempo pembayaran kepada supplier, dengan itu Costco mendapatkan diskon harga dari supplier.

Pricing
Costco menjual barang berkualitas tinggi dengan secara konsisten harga di bawah yang ditetapkan oleh traditional wholesale. Costco hanya menyediakan barang yang dapat dijual dengan harga bersaing dan sering dibeli oleh pelanggan. Costco mengambil profit lebih sedikit daripada supermarket lain (Costco 14% dari harga supplier, sedangkan supermarket lain 20-50% dari harga supplier). Costco selalu menerapkan harga rendah agar pelanggan tetap berbelanja di situ.

Product Selection
Costco hanya menyediakan 4000 macam barang, lebih sedikit dibandingkan dengan supermarket lain. Costco hanya menyediakan barang barang inti yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan.

Treasure-Hunt Merchandising
Seperempat dari 4000 item tersebut dijual dengan konsep treasure hunt, yaitu Costco memberikan informasi kepada membernya tentang barang-barang tersebut bahwa kalau tidak membeli sekarang maka promosinya akan habis atau barang tidak akan tersedia lagi (pelanggan akan merasa harus membeli saat itu juga, kalau tidak nanti menyesal).

Marketing and Advertising
Kegiatan marketing dan promosinya terbatas pada direct mail programs kepada para anggotanya, occasional direct mail marketing kepada anggota baru, dan special campaign ketika ada pembukaan toko baru. Manajemen percaya bahwa dengan menitik beratkan pada direct mail advertising akan menjadikan budget marketingnya tetap rendah.

Growth Strategy...
tracking img