Case Study Samsung Corporate

Only available on StudyMode
  • Pages: 7 (2160 words)
  • Download(s): 185
  • Published: April 6, 2010
Read full document
Text Preview
MAGISTER MANAGEMENT UNIV. MERCU BUANA STUDY CASE MARKETING MANAGEMENT

Samsung Electronics Company : Question for Study Case discussion: 1. What are the ingredients of SEC’s corporate turnaround strategy? What are the implications for marketing mix policies? 2. How strong is the Samsung brand? Can Samsung pass Sony and become a top ten global brand? 3. As Chief Marketing Officer, what are Kim’s role and responsibilities? 4. What does Samsung (and Kim) have to do to become one of the top ten brands in the world Answer: 1. What are the ingredients of SEC’s corporate turnaround strategy? What are the implications for marketing mix policies? Persaingan dalam dunia usaha saat ini menuntut semua pelaku usaha untuk menerapkan strategi yang terbaik agar produk yang dihasilkan dapat survive di pasar. Begitu juga dengan Samsung Electronic Corporate yang melakukan beberapa strategi untuk masuk dan bersaing di pasar global. Berdasarkan kategori dalam bidang electronic, Samsung Electronic Corporate (SEC) melakukan beberapa strategi yang dipandang dapat memenangkan persaingan di pasar global yaitu dengan: a. Vertical Integration “If we get out of manufacturing, we will lose. Everyone can get the same technology now. But that doesn’t mean they can make an advanced product.” (Jun Yong Jong (1997 Vice Chairman). Tidak seperti perusahaan lain yang memilih untuk Outsource mereka melalui proses manufaktur, Samsung Electronic Corporate tetap berkomitmen pada kompetensi yaitu manufaktur.

Selama tahun 1998 – 2003, Samsung Electronic Corporate berinvestasi sebesar $19 miliar di pabrik chip baru dan $17 Miliar pada Juni 2003 untuk fasilitas manufaktur untuk TFT-LCD selama 10 tahun.

Namun, yang menjadi fokus proses manufaktur tidak membuat Samsung sebagai perusahaan kaku. Untuk menanggulangi rantai suplai permintaan, perusahaan tetap fleksibel dengan membangun 12 pabrik di Cina selama tahun 2003 dan mendirikan fasilitas R & D di India. Berikut data hasil penjualan produk Samsung per region

Sumber: http://www.wikinvest.com/images/0/04/Lam_geographic_revenue.png Samsung sangat cerdik mencegah komoditas supaya tidak terjebak. Yaitu Samsung mengkostumisasi/mengkombinasikan produksi sebanyak mungkin. Sebagai contoh, sebagian dari memori chip yang diproduksi adalah special order untuk Dell, Microsoft bahkan Nokia. Sebagai hasilnya, harga rata-rata Samsung adalah 17% diatas level industri. Begitu pula pada pasar telepon seluler. b. Hardware Focus Pada pasar ponsel, Samsung memutuskan tidak secara khusus untuk mengembangkan perangkat lunak dan konten seperti : musik, film dan video game, tidak seperti para saingannya : Apple, Sony, dll. Samsung cenderung berfokus pada perangkat keras dan perangkat untuk bekerja sama dengan penyedia konten pada saat yang tepat. Pendekatan semacam ini diakui oleh Samsung sebagai “Open Architecture” di mana pelanggan dapat mengakses lebih banyak perangkat lunak melalui perangkat dibandingkan dengan kompetitor produk. Alasan lain mengapa Sony memusatkan perhatian pada hardware saja (dan saya percaya bahwa ini akan menjadi alasan paling masuk akal) adalah mereka yang ingin melindungi hak milik konten dari pembajakan. Kita lihat, sekali mereka mengembangkan perangkat lunak, langsung dibajak.

c. Product Breadth Diversifikasi produk-produk Samsung membedakan mereka dari pesaing-pesaingnya yang lebih berfokus pada satu kategori produk. Contohnya Nokia lebih khusus pada handphone dan merupakan pemimpin pasar di seluruh dunia. Sony berfokus pada barang-barang elektronik dan Intel berfokus pada produksi chip. Sebaliknya, Samsung lebih lebih menjangkau seluruh kategori produk. Samsung merupakan manufactur global nomor satu dalam DRAM, SRAM dan RAM dan NAND flash chips. Samsung mengontrol lebih dari setengah pasar NAND dan mendekati intel dalam pendapatan flash chip. Di zaman telekomunikasi, Samsung adalah provider terdepan dalam teknologi telpon digital CDMA dan layar LCD yang tipis buat komputer, telpon seluler dan...
tracking img