Business Ethics

Only available on StudyMode
  • Pages : 6 (1475 words )
  • Download(s) : 166
  • Published : July 12, 2007
Open Document
Text Preview
1.Teori Deontologi dan Utilitarisme selalu bertentangan sebagai teori tetapi tidak selalu bertentangan dalam prakteknya.Jelaskan.

Untuk bisa menjelaskan pertanyaan diatas, sebelumnya kita harus mengetahui masing ¡Vmasing teori tersebut diatas.

ľTeori Utilitarisme
Teleology an act is considered morally right or acceptable if it produces some desired result, i.e., pleasure, knowledge, career growth, a self-interest, or utility. It also assessing the moral worth of a behavior by looking at its consequences (consequentially)

Two Teleological Philosophies
Egoism: right or acceptable behavior in terms of consequences for the individual maximize your self-interest, concerned with the consequences, seeking alternative that contributes the most to self-interests Utilitarianism: concern with consequences in terms of seeking the greatest good for the greatest number of people, looking for the greatest benefit for all those affected by a decision An action is right if and only if it achieves the greatest good for the greatest number. Utilitarianism makes moral judgments based on the consequences of actions, or consequences of rules of actions

Teori ini merupakan bagian dari teori Teleologis yang menyatakan kualitas etis suatu perbuatan diperoleh dengan tujuan berbuatan. Teori Teleologis (dari etimologinya berasal dari bahasa Yunani , telos = tujuan) darinya diturunkan dua Teori Utilitarisme dan Teori Egoisme, Teori Utilitarisme menyatakan perbuatan disebut etis jika membawa manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan, sedangankan Egoisme satu-satunya tujuan tindakan moral bagi setiap orang adalah mengejar kepentingan pribadi dan memajukan dirinya. Teori ini secara ekonomis sangat sejalan karena pada prinsipnya teori ini mengutamakan perhitungan jumlah, seperti dikenal ¡§the greatest happiness of the greates number¡¨ Yang menjadi hal utama penilaian adalah tujuan atau hasil akhirnya, bukan prosesnya. Dianggap jika suatu perbuatan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan jumlah terbanyak dapat dikatakan etis secara utilitarisme, tidak peduli apakah dalam prosesnya bertentangan secara nurani.

ľTeori Deontologi
Deontology:
(Greek: deon-duty; logos-science)
An action is right if it is an action of a certain kind; if it is your duty to perform. An action is wrong if it is your duty not to perform. For example, always wrong to torture, rape, and enslave someone, no matter what the consequences are.

Istilah deontologi berasal dari bahasa Yunani ¡¥deon¡¨ yang berarti kewajiban. Teori ini lebih lanjut lebih dikenal dengan teori kewajiban. Secara tegas Deontologi menerapkan bahwa perbuatan tidak bisa dihalalkan hanya dengan tujuan baik. Tujuan yang baik tidak bisa dipararelkan dengan perbuatan baik. Yang paling dekat dengan dengan teori etika ini adalah hidup secara agama. Dimana didalam agama dikenal ajaran kewajiban yang tentu saja dalam prakteknya adalah perbuatan baik. Secara hitam dan putih, mana yang boleh dan tidak boleh. Tidak peduli apa tujuannya. Tokoh teori ini Immanuel Kant (1724-1804) mengatakan perbuatan baik jika dilakukan karena kewajiban dan didasarkan ¡¥imperatif kategoris¡¦ (kewajiban yang tidak bergantung pada syarat apapun).

Pembahasan :
Kasus Euthanasia.
Secara Teori, perbuatan Euthanasia adalah benar secara Utilitarisme, karena bertujuan baik, membantu mengakiri penderitaan si sakit dan mungkin juga secara ekonomis membantu keluarga karena menghentikan biaya pengobatan. Akan tetapi secara Deontologis perbuatan ini tidak dapat dibenarkan. Kewajiban seorang dokter adalah membantu pasien sembuh bukan mengambil nyawa. (etika Dokter). Secara agama apapun perbuatan euthanasia tidak dapat dibenarkan karena nyawa manusia adalah milik Tuhan, bukan manusia. Terlihat dari kasus ini pertentangan dari kedua teori.

Perbudakan Manusia
Mungkin pada masa lalu, perbudakan secara utilitarisme dapat dibenarkan secara ekonomis (dengan tujuan menguntungkan pihak tuan tanah/penguasa, penghematan biaya)...
tracking img