Bisnis Lng Dari Sisi Marketing

Only available on StudyMode
  • Pages : 16 (3386 words )
  • Download(s) : 559
  • Published : February 7, 2011
Open Document
Text Preview
Seberapa Menarik Bisnis Liquefied Natural Gas (LNG) saat ini dan pada waktu mendatang bagi Indonesia dari sisi Marketing?

Di akhir tahun 2000, LNG menjadi salah satu topik hangat mengenai isu sumber daya (energy) dimana kebangkitan dari pemasok-pemasok baru berdatangan di area pasar global.

LNG disebut-sebut juga sebagai pencipta pasar gas global dimana LNG berubah dari minoritas dari suatu kepentingan alur mayoritas gas dimana negara-negara didunia membuka terminal regasifikasi yang memungkinkan mereka untuk mengimpor dari beberapa sumber yang berbeda-beda.

Pertumbuhan akan kebutuhan LNG dipicu dari kebutuhan akan bahan bakar yang lebih bersih. Pelanggan mengharapkan sesuatu yang lebih murah, lebih effisien, dan ramah lingkungan dimana semua harapan tadi dapat diberikan oleh LNG.

Selama tahun 2002, sebanyak 12 negara telah mengekspor sebesar 5.4 TCF (sekitar 113 juta ton) dari gas alam sebagai LNG, mengalami kenaikan yang cukup besar jika bandingkan dengan tahun 1997 (tahun 1997 dari 9 negara diekspor sebesar 4 TCF (84 juta ton)

Indonesia merupakan negara penghasil LNG terbesar di dunia, dimana nilai ekspornya adalah sekitar satu per lima dari total volume sedunia di tahun 2002.

Secara regional, cekungan Pasifik (Pasific Basin) merupakan penghasil LNG terbesar di dunia yang menyediakan hampir 50% dari keseluruhan ekspor global di tahun 2002. Indonesia sendiri menyumbang sekitar 21%. Negara-negara di Timur Tengah dipimpin oleh Qatar, yang mengekspor sebesar 23%, sementara negara di cekungan Atlantik (Atlantic Basin) dipimpin oleh Algeria, yang mengekspor sebesar 29% pada tahun 2002.

Dari sisi persediaan, pasar LNG di Jepang dan Asia Pasific lainnya secara bertahap akan mengurangi rasa sesak dari pertengahan atau akhir 2010 karena sejumlah proyek LNG baru yang diharapkan mulai berproduksi.

Informasi tentang beberapa Proyek LNG yang sedang berjalan di seluruh dunia dapat dilihat pada lampiran1.

Definisi LNG :

LNG merupakan bentuk cair dari gas alam dimana banyak digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan memasak, memanaskan dan untuk menghasilkan listrik dari stasiun listrik. Gas alam secara komposisi kimia terdiri atas methane, dengan kosentrasi yang rendah dari sumber daya hidrokarbon yang lainnya, air, karbon dioksida, nitrogen, oksigen dan beberapa komposisi sulfur.

Pada saat gas alam didinginkan pada suhu minus 259 derajat Fahrenheit atau minus 161 derajat Celcius, maka gas alam tersebut akan menjadi bening, tanpa warna, dan tanpa bau. LNG tidak bersifat korosif (membuat karat) maupun tidak beracun. Selama proses yang dikenal dengan nama asliquefaction, gas alam didinginkan di bawah dari titik didih, dan diuraikan dan dipisahkan beberapa komposisi. Sehingga yang tersisa dari gas alam setelah proses asliquefaction pada dasarnya adalah methane dengan hanya sejumlah hidrokarbon lainnya. Berat jenis LNG lebih rendah dari setengah berat air sehingga LNG akan mengapung jika tertumpah di air.

Bentuk Pengangkutan dan Penyimpanan :

Pengangkutan LNG dengan menggunakan kapal “double-hull” yang didesign khusus untuk mengatasi suhu yang rendah dari LNG. Kapal-kapal pengangkut ini dilindungi untuk membatasi jumlah LNG yang akan dididihkan atau diuapkan. Untuk mendidihkan atau menguapkan gas sering menggunakan bahan bakar tambahan. Kapal-kapal pengangkut LNG tersebut panjangnya sekitar 1000 kaki dan membutuhkan kedalaman air 40 feet pada saat kapal terisi penuh. Terdapat sekitar 136 kapal-kapal pengangkut LNG yang mengangkut lebih dari 120 juta metric ton LNG setiap tahunnya.

Picture1.1 : LNG Carrier
[pic]

Setelah diangkut dengan kapal-kapal “double-hull” tersebut LNG kemudian diterima di terminal-terminal dan dipindahkan ke tangki penyimpanan yang sudah terisolasi dimana tangki-tangki tersebut dibuat khusus untuk menyimpan LNG. Tangki-tangki ini dapat dilihat dipermukaan tanah maupun di dalam tanah dan menjaga cairan tetap pada suhu yang rendah untuk meminimalisir jumlah yang akan menguap....
tracking img