Berlo's Model

Only available on StudyMode
  • Pages : 2 (314 words )
  • Download(s) : 326
  • Published : September 25, 2009
Open Document
Text Preview
Berlo’s Model

David K. Berlo juga turut ambil bagian dalam perkembangan sejarah komunikasi dengan mempopulerkan model yang ia temukan pada tahun 1960, yang lebih dikenal dengan nama model SMCR (Source-Message-Channel-Receiver).

Sumber: www.uri.edu

Empat kelompok utama yang dikemukakan Berlo dalam model ini adalah: 1.Source, yaitu sang sumber yang mengirimkan pesan.
2.Message, yaitu pesan yang akan disampaikan.
3.Channel, yaitu saluran atau medium yang digunakan agar pesan dapat diterima dengan efektif. 4.Receiver, yaitu sang penerima pesan yang menjadi sasaran atau target.

Menurut Berlo, source dan receiver dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: ketrampilan berkomunikasi, tindakan yang diambil, luasnya pengetahuan, sistem sosial, dan kebudayaan lingkungan sekitar. Sedangkan pesan yang diutarakan dikembangkan sesuai dengan elemen, struktur, isi, perlakuan, dan kode. Kemudian channel yang akan digunakan berhubungan langsung dengan panca indera, yaitu dengan melihat, mendengar, menyentuh, mencium bau-bauan, dan mencicipi.

Tidak terbatasnya penggunaan model ini terhadap konteks komunikasi lain (seperti komunikasi massa, komunikasi antarpribadi, maupun berbagai bentuk komunikasi tertulis) menjadi suatu kelebihan tersendiri bagi model Berlo. Selain itu, model ini juga berfungsi sebagai pemandu para komunikan dalam melakukan komunikasi. Model ini dapat membawa pembicara untuk melakukan penelitian terhadap seberapa efisien dan efektif-kah pesan yang ia sampaikan kepada pendengar, seperti: Apakah pesan yang ia sampaikan sesuai dengan latar belakang pendengarnya. Apakah ia sudah menempatkan dirinya sesuai dengan target atau sasarannya. Dan lain sebagainya.

Namun, kehadiran model Berlo yang menyajikan komunikasi sebagai fenomena satu arah dan statis, membuat ketertarikan para komunikan terhadap model ini menjadi berkurang. Kurangnya feed back dari receiver diduga menjadi salah satu kelemahan model Berlo. Komunikasi non-verbal yang dihasilkan...
tracking img