Baterai Bayam

Only available on StudyMode
  • Pages : 16 (3900 words )
  • Download(s) : 478
  • Published : April 15, 2011
Open Document
Text Preview
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Manusia adalah makhluk paling sempurna di muka bumi ini. Manusia diciptakan dengan pembekalan akal dan pikiran. Kemampuan membuat peradapan tersebut didapat dari mencontoh alam sebagai bahan pemikiran dan pembuatan ide-ide kreatif dalam mempermudah kehidupannya. Karena itulah pada kesempatan penulisan karya tulis ini kami ingin menyajikan sebuah terobosan baru yang mungkin nantinya akan mengundang ide-ide cemerlang yang menjadikan kehidupan manusia semakin maju dan modern. Seperti yang kita ketahui bersama, energi yang sering kita pakai sehari-hari semakin lama semakin berkurang atau menipis. Karena banyaknya pemakaian yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan kelangkaan atau bahkan habis sama sekali. Untuk itu sekarang perlu dipikirkan adanya Energi alternatif untuk pengganti dari energi yang biasanya sering dipakai. Topik yang akan kami bahas adalah mengenai zat yang terkandung dalam bayam yang dapat dijadikan suplai energi cadangan. Bayam adalah salah satu jenis sayur mayur yang sering ditemui di pasaran dengan harga relatif murah. Ternyata bayam memiliki kelebihan yang ternyata bisa dimanfaatkan sebagai alternatif yang cukup efisien.

Tujuan

Tujuan penulisan ini adalah memberikan informasi tentang kelebihan yang dimiliki bayam sebagai penghasil energi. Dengan harapan tercipta ide dari pembaca untuk menciptakan berbagai ide tentang energi alternatif yang kebutuhannya semakin mendesak dewasa ini, yang lebih aman penggunaannya, atau setidaknya mengurangi limbah logam akibat banyaknya penggunaan barang elektronik sebagai penunjang kehidupan, yang tentunya membutuhkan suplai energi seperti baterai berbahan dasar bubuk logam.

Batasan Masalah

Dalam karya tulis ini kami hanya membahas tentang terobosan baru bagaimana cara ekstraksi bayam sehingga bisa dijadikan sumber energi.

TELAAH PUSTAKA

Masih ingat "Popeye si Pelaut" yang memperoleh tenaga ekstra setelah makan bayam? Kini para peneliti AS juga ingin mendapatkan energi dari bayam, dengan memanfaatkannya untuk mengubah cahaya menjadi listrik.

Dengan sebuah piranti elektronik khusus, Shuguang Zhang dari Massachusetts Institute of Technology dan rekan-rekannya, menggabungkan protein kompleks yang diambil dari kloroplas bayam dengan semikonduktor organik, untuk membuat sel tenaga surya yang bisa menghasilkan tenaga listrik.

Kloroplas adalah suatu struktur dalam sel-sel tanaman berisi paket-paket kloropil, atau zat yang memberi warna hijau pada daun dan memungkinkan daun ber-fotosintesis untuk menghasilkan energi bagi tanaman. "Alam telah melakukan hal ini selama milyaran tahun," kata Zhang. "Dan ini adalah pertama kalinya kita bisa ikut memanen energi dari proses ini." (Moderators: ph0en1x, vix di Bayam Hasilkan Sel Tenaga Surya Yang Lebih Baik)

Disebutkan bahwa kandungan besi pada bayam relatif tinggi daripada sayuran lain. Zat besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosinetsis sehingga berguna bagi penderita anemia. Dalam daftar komposisi bahan makanan yang dikeluarkan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan, sebagaimana dikutip dalam risalah Bayam yang diterbitkan oleh Ditjen Hortikultura (2001), bayam juga mengandung beragam jenis vitamin dan garam-garaman mineral penting yang diperlukan tubuh. Dapat dimaklumi, jika sayuran bayam berada pada urutan prioritas pertama yang digunakan oleh rumah-rumah sakit di DKI Jakarta. (Sumber : Nases Djon, dari riset kepustakaan. Hortikultura Aneka Ragam Manfaat Bayam)

Bayam adalah salah satu sayuran mentah yang paling padat gizi dan sangat baik sebagai sumber zat hijau atau klorofil. Selain itu bayam adalah sumber vitamin A, B kompleks, C, E, K, carotenes, folate, manggan, kalsium, besi, yodium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, dan banyak mengandung asam amino.

Mineral yang terkandung dalam bayam yang bersifat alkali dapat membantu mengatur pH tubuh. Bayam juga memberikan jumlah protein yang sama seperti mengkonsumi daging, dengan begitu...
tracking img