Audit Informasi

Only available on StudyMode
  • Pages : 12 (2885 words )
  • Download(s) : 954
  • Published : December 7, 2009
Open Document
Text Preview
DEFINITIONS OF
AUDIT, AUDIT OF INFORMATION AND AUDIT OF KNOWLEDGE
(Ditujukan pada mata kuliah Manjemen dan Preservasi Pengetahuan) Dosen Utami Budi Rahayu Hariyadi, M.lib

Disusun Oleh :
Yasser Arafat (0906587376)

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA
2009

A. AUDIT
1. Pengertian
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian khusus dari audit yang dikemukakan dalam beberapa kamus. Pengertian audit tersebut antara lain sebagai berikut: a. Kamus virtual thefreedictionary.com, audit adalah kegiatan memeriksa dokumen atau catatan akutansi yang dilakukan oleh akuntan yang terlatih (http://www.thefreedictionary.com/audit). b. Ensiklopedia populer virtual wikipedia, audit adalah sebagai kegiatan evaluasi terhadap individu, organisasi, sistem, proses, proyek atau produk (http://en.wikipedia.org/wiki/audit). c. Kamus Virtual WorldReference.com, audit adalah pemeriksaan atau evaluasi terstruktur dan sistematis terhadap suatu kondisi atau situasi (http://www.worldreference.com/definition/audit). d. Investor Worsd.com, audit adalah pemeriksaan dan verifikasi keuangan perusahaan dan catatan akuntansi dan dokumen pendukung oleh seorang profesional, seperti seorang Akuntan Publik Bersertifikat (http://www.investorwords.com/324/ audit.html). e. BNET.com, audit adalah pemeriksaan kegiatan dan status dari suatu badan secara sistematis, terutama didasarkan pada penyelidikan dan analisis dari sistem, kontrol, dan catatan. (http://dictionary.bnet.com/definition/audit.html). f. Business Dictionary.com, audit adalah Akuntansi: pemeriksaan dan verifikasi buku rekening, transaksi catatan, dokumen-dokumen perusahaan lain yang relevan secara sistematis, dan pemeriksaan fisik persediaan oleh teknisi akuntan (disebut auditor). (http://www.businessdictionary.com/definition/audit.html) .

Berdasarkan dari beberapa pengertian diatas, audit merupakan suatu kegiatan pemeriksaan dan evaluasi serta verifikasi terhadap sutau informasi perusahaan, instansi pemerintah, maupun milik pribadi (baik itu berupa buku rekening, transaksi catatan, dokumen-dokumen) secara terstruktur dan sistematis pada suatu situasi dan kondisi tertentu. Biasanya kegiatan audit ini dilakukan oleh seorang yang profesional (auditor), misalnya dalam bidang keuangan kegiatan audit akan dilakukan oleh seorang akuntan publik yang sudah bersertifikat.

2. Jenis Audit
Menurut Rashwanth (dalam http://www.scribd.com/doc/13499414/Audit? autodown=pdf) Ada dua jenis audit, diantaranya: a. Financial audit
Financial audit biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1) Bergantung pada standar external (Relies primarily on standards set externally), 2) Prosedur yang dirumuskan dari perusahaan ke perusahaan konsisten. kepatuhan prosedur menambahkan kredibilitas untuk audit (procedures are formulized and consistent from company to company. Compliance with procedures adds credibility to the audit), 3) Standar pada dasarnya sama dari audit untuk melakukan audit (standards are essentially the same from audit to audit), 4) Berfokus untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh kelompok-kelompok eksternal (focus is on complying with standards set by external groups). 5) Secara eksternal audiens sering menggunakan audit untuk membangun kredibilitasnya. (Audience is often primarily external, with audit used as a way of building credibility) 6) Umumnya dilakukan tahunan (generally conducted yearly) 7) Hanya fokus pada langkah-langkah yang mempengaruhi kinerja keuangan (focuses on measures that effect only financia performasnce)

b. Non-financial audit
Non-financial audit mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1) standar harus berubah untuk meningkatkan kinerja (Standards should change as performance improves), 2) Fokusnya adalah melebihi standar yang ditetapkan secara internal atau oleh industri pesaing (focus is on exceeding standards set internally or by industry competitors),...
tracking img