Analisis Fundamental

Only available on StudyMode
  • Pages : 10 (2212 words )
  • Download(s) : 1510
  • Published : November 3, 2010
Open Document
Text Preview
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Untuk mengetahui pertumbuhan suatu perusahaan dapat dilihat dari nilai buku (book value), nilai pasar (market value), dan nilai intrinsik (intrinsic value) perusahaan tersebut. Nilai buku merupakan nilai saham menurut pembukuan perusahaan emiten. Nilai pasar merupakan nilai saham di pasar saham dan nilai intrinsik merupakan nilai sebenarnya dari saham. Ketiga konsep ini dapat digunakan untuk mengetahui saham – saham mana yang mengalami pertumbuhan (growth) dan yang murah (undervalued). Pertumbuhan perusahaan (growth) menunjukkan Investment Opportunity Set (IOS) atau set kesempatan investasi di masa datang.

Menegetahui nilai pasar dan nilai intrinsik juga dapat digunakan untuk mengetahui saham – saham mana yang murah dan tepat nilainya atau yang mahal. Nilai pasar yang lebih kecil dari nilai intrinsiknya menunjukkan bahwa saham tersebut dijual dengan harga yang murah (undervalued), karena investor membayar saham tersebut lebih kecil dari yang seharusnya investor bayar, sebaliknya saham mengalami overvalued. Untuk mengetahui nilai intrinsik suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis fundamental.

1.2.Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1.Membantu para mahasiswa untuk menganalisis suatu perusahaan dengan menggunakan teknik analisis fundamental. 2.Memberikan informasi mengenai pendekatan analisis fundamental.

1.3.Identifikasi Masalah
Penulis membatasi pengamatan terhadap satu perusahaan dalam negeri yang menjadi sample untuk mengetahui apakah harga pasar saham mencerminkan nilai sebenarnya atau nilai intrinsik dari perusahaan tersebut dengan menggunakan analisis fundamental. Penulis pun membahas mengenai pengertian analisis fundamental dan jenis – jenis pendekatannya.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Analisis Fundamental
Analisis fundamental adalah metode analisis yang didasarkan pada fundamental ekonomi suatu perusahaan untuk menghitung nilai intrinsik saham dengan menggunakan data keuangan perusahaan.
Pada dasarnya analisa fundamental dapat dikelompokan menjadi empat kategori besar, yaitu: 1. Faktor Ekonomi
2. Faktor Politik
3. Faktor Keuangan dan Moneter
4. Faktor Eksternal

Faktor Ekonomi
Dalam menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi fundamental perekonomian suatu negara, indikator ekonomi merupakan salah satu faktor yang tidak dapat dipisahkan dan menjadi bagian penting dari keseluruhan faktor fundamental itu sendiri. Indikator-indikator ekonomi yang sering digunakan dalam Analisis Fundamental diantaranya: 1.Gross Domestic Product (GDP)

Gross Domestic Product merupakan jumlah seluruh barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara baik oleh perusahaan dalam negeri maupun oleh perusahaan asing yang beroperasi di dalam negara tersebut pada suatu periode tertentu. 2.Inflasi

Salah satu cara pemerintah dalam menanggulangi inflasi adalah dengan melakukan kebijakan menaikkan tingkat suku bunga. Kebijakan peningkatan tingkat suku bunga ini diharapkan dapat memperkuat nilai tukar dan mengendalikan tingkat inflasi. Penggunaan tingkat inflasi sebagai salah satu indikator fundamental ekonomi adalah untuk mencerminkan tingkat GDP dan GNP ke dalam nilai sebenarnya. Nilai GDP dan GNP merupakan indikator penting dalam membandingkan peluang dan resiko investasi di luar negeri. 3.Balance of Payment

Balance of Payment merupakan suatu neraca yang terdiri dari keseluruhan aktivitas transaksi perekonomian internasional suatu negara, baik yang bersifat komersial maupun finansial, dengan negara lain pada suatu periode tertentu. Balance of Payment ini mencerminkan seluruh transaksi antara penduduk, pemerintah dan pengusaha dalam negeri dan pihak luar negeri, seperti transaksi ekspor dan impor, investasi portofolio, transaksi antar Bank Sentral dan lain-lain. Indikator umum yang sering digunakan adalah neraca perdagangan / current account. Faktor lain yang mempengaruhi neraca pembayaran adalah adanya aliran investasi asing...
tracking img