Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Purchasing Pada Toko Kosmetik X

Only available on StudyMode
  • Pages : 11 (2664 words )
  • Download(s) : 2085
  • Published : October 4, 2008
Open Document
Text Preview
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR yang MEMPENGARUHI IMPULSE PURCHASING pada TOKO KOSMETIK X

1.Latar Belakang Masalah
Pada saat ini, aktivitas industri yang terjadi banyak dipengaruhi oleh globalisasi ekonomi. Hal ini menyebabkan terjadinya perkembangan yang pesat pada segala bidang, termasuk dalam industri kosmetik. Semua perusahaan kosmetik berlomba-lomba mengembangkan usahanya, sehingga banyak menarik konsumen. Apalagi saat ini semua orang sangat memperhatikan penampilannya,. Bukan hal yang aneh bahwa pada saat ini bukan hanya wanita yang sangat memperhatikan penampilannya, pria jaman sekarang juga sangat memperhatikan penampilannya. Penampilan disini bukan cara berbusana seseorang, melainkan penampilan wajah dan perawatan tubuh. Toko Kosmetik X merupakan salah satu pelaku industri kosmetik yang sudah sangat terkenal, dimana toko ini bukan hanya menyediakan produk perawatan wajah saja, melainkan juga produk perawatan tubuh. Hampir semua orang pernah menggunakan produk dari toko ini. Toko kosmetik X berada pada sebuah pusat perbelanjaan yang cukup besar dan letaknya cukup strategis. Toko kosmetik ini sering dikunjungi oleh konsumen yang bervariasi. Bukan hanya anak muda saja yang menggunakan produk toko kosmetik X, banyak orang tua juga yang menggunakan produk-produk nya.

2.Identifikasi dan Rumusan Masalah
Harga merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk atau tidak. Pada umumnya konsumen akan membandingkan harga produk tersebut dengan kualitas produk tersebut, barulah konsumen memutuskan akan membeli produk tersebut atau tidak. Berdasarkan pengamatan dan penelitian, maka terdapat rumusan masalah yang akan diteliti, yaitu : 1.Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi impulse purchasing pada toko kosmetik X? 2.Apakah usulan perbaikan yang diberikan pada toko kosmetik X?

3.Pembatasan Masalah
Agar pembahasan dan pemecahan masalah lebih terarah dan tidak menyimpang dari ruang lingkup yang telah ditetapkan, maka dilakukan pembatasan terhadap masalah yang diteliti. Pembatasan masalah yang ditliti adalah : 1.Penelitian hanya dilakukan pada objek penelitian yaitu toko roti Vitarasa 2.Penelitian dilakukan terhadap konsumen yang datang ke toko roti Vitarasa. 3.Pada penelitian ini, hanya akan diteliti peran harga sebagai indikator kualitas persepsian dan pengaruhnya terhadap kemungkinan membeli konsumen dari toko roti Vitarasa.

4.Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang ada pada penelitian ini, yang telah diuraikan sebelumnya maka penelitian ini dilakukan untuk : 1.Mengetahui persepsi konsumen atas kualitas produk dan harga produk di toko roti Vitarasa. 2.Mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas kualitas produk terhadap kemungkinan konsumen untuk membeli. 3.Mengetahui persepsi konsumen atas harga produk terhadap kemungkinan konsumen untuk membeli produk di toko roti Vitarasa. 4.Mengetahui pengaruh pengaruh persepsi konsumen atas kualitas produk dan harga produk secara bersama-sama terhadap kemungkinan konsumen untuk membeli produk di toko roti Vitarasa.

5.Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peranan harga sebagai indikator kualitas persepsian dan pengaruhnya terhadap kemungkinan membeli. Dengan melakukan penelitian ini, penulis berharap agar hasil penelitian ini berguna bagi : 1.Bagi penulis

Menambah pengetahuan serta memperoleh gambaran mengenai peranan harga sebagai indikator kualitas persepsian terhadap kemungkinan membeli konsumen. 2.Bagi perusahaan
Sebagai saran dan masukan dalam mengembangkan usahanya dalah hal harga dan kualitas produk. 3.Bagi pihak lain
Diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat sebagai referensi penulisan dan menambah pengetahuan mengenai peranan harga sebagai indikator kualitas persepsian terhadap kemungkinan membeli konsumen.

6.Kerangka Teoritis
6.1 Pemasaran
Pemasaran merupakan ilmu yang universal, berpusat pada...
tracking img